Ads 468x60px

Pages

3 Prinsip Pokok Pengembangan Bisnis

Dalam dunia bisnis seringkali kita harus melakukan terobosan-terobosan untuk mengembangkan bisnis Anda, berikut tiga prinsip pokok yang dapat digunakan sebagai landasan.

PERTAMA, Ubah mentalitas “SUPERMAN” Anda menjadi “SUPERTEAM” mulai saat ini. Pasalnya, sehebat apa pun superioritas seseorang, tetap saja yang namanya kekurangan, keterbatasan dan kelemahan masih melekat pada diri seseorang.

KEDUA, gantilah pola hubungan antarbisnis dari pendekatan COMPETITION menjadi “CO-OPETITION”. Memosisikan para competitor sebagai musuh Anda berarti semakin menumpukan daya kreativitas dan inovasi Anda. Disamping itu, dengan cara seperti itu, Anda sudah mempersempit ruang peluang usaha dan pengembangan jaringan pemasaran. Prinsip CO-OPETITION adalah konsep yang mengawinkan antara dua kata kata yaitu KOMPETISI dan KOOPERASI. Artinya, bagaimana cara kita bersaing dalam kerjasama dan dan kerjasama dalam persaingan.

KETIGA, mulailah bersentuhan dengan e-business. Tidak bisa dimungkiri bahwa perkembangan dunia IT begitu luar biasa khusunya internet. Dengan satu klik saja, Anda dapat menciptakan jaringan distribusi dan pemasaran di seluruh dunia.

Dalam menjalankan bisnis perlu dilandasi adanya kerjasa ( superteam ) sehingga membentuk super companya yang solid. Unsur ini menuntut terciptanya hubungan yang interdependence ( saling ketergantungan ), interaction ( saling memberikan tanggapan ), interconnection ( saling berhubungan ) dan interfunction ( saling mendukung fungsi satu dan lainnya ). Dalam mewujudkan pola kerjasama, kita memerlukan konsep DALES CONCEPT yaitu DIRECTION, APPRECIATION, LOYALITY, EMPATHY, SYNERGY.


Dalam kesuksesan bisnis, kesuksesan yang telah kita raih bukan semata-mata karena prestasi perusahaan atau pegawai, namun ada kekuatan yang tidak terlihat turut campur tangan bagi kesuksesan kita. Ya itulah tangan-tangan Tuhan ( INVISIBLE POWER ). Invisible power akan dengan mudah menghampiri kita, manakala kita melakukan lima prinsip :

PERTAMA, Meyakini bahwa keberhasilan adalah hanya sebuah titipan.
KEDUA, Setiap yang kita ambil dan keluarkan akan diminta pertanggungjawabannya.
KETIGA, Mengejar keuntungan jangka panjang.
KEEMPAT, Mempersiapkan diri untuk menjemput akhir kehidupan.
KELIMA, Bekerja keras tanpa henti untuk meraih kesempatan yang tak terbatas.

Sumber : Kaskus

0 comments:

Post a Comment