Ads 468x60px

Pages

MARKETING MIX 4P

Marketing Mix terdiri dari :
product(produk)
price(Harga)
place(tempat/distribusi)
promotion(promosi)..

1).Product

sebenarnya adalah barang atau jasa yang dijual kepada commercial consumer (misalnya pembeli motor untuk dijual kembali atau untuk disewakan) atau end consumer (memang pengguna motor untuk aktivitas sehari-hari)…!!! Dari sisi penjual … untuk memasarkan ini ada chain of distribution/ distribusi berantai,,,,, dari penjual mesin, dirakit oleh pabrikan, dilempar ke distributor, dilempar ke dealer, baru pembeli bisa membeli motor yang diinginkan…!!! Dan satu hal yang penting adalah memahami keinginan end consumer… dan target market yang mau dicapai apa..???

Product sendiri dapat dibagi ke dalam 3 level yaitu :
•Level 1 adalah Core Product atau gampangnya benefit / manfaat yang diperoleh.
Kalo mie instan ya, mengisi perut yang lapar secara cepat (instan) dan sifatnya mudah disimpan dan dipakai/ dimasak kapanpun….serta dalemnya udah lengkap sama bumbu jadi gak usah numbuk buat bikin bumbu..cara masaknya pake aer(murahh),gak pake minyak goreng…
Kalau motor yah manfaatnya ke kantor lebih cepet… nggak macet… !!! Penggunaan bensinya yang lebih sedikit,lebih ekonomis…!!! Demikian juga dengan montir nya lebih murah dibandingkan dengan kendaraan roda empat misalnya.

•Level 2 adalah Actual Product, yaitu tangible product yang bener dapat dirasakan. Faktor yang perlu diperhatikan terkait dengan actual product adalah masalah quality, colour, design / style, branding, kualitas /specs. Nah klo mie instan gmna dengan indomie yang udah gak diragukan lagi soal kualitasnya..rasanya..trus udah ada sayuran+daging didalemnya..trus kemasannya ada yang dari foil
Klo product motor… gimana misalnya dengan motor merek yamaha.. gimana kualitasnya… colour nya oke atau nggak..gimana dengan design… kualitas.. brand image nya gimana… !!!

•Level 3 adalah Augmented Product, yaitu non-physical yang melengkapi / menyertai product tersebut, seperti : customer care, masalah financing (leasing), installation, after sales services, delivery product, dan warranty…!!!

Jadi semakin product tersebut mempunyai kelebihan dibandingkan dengan product lain… apalagi sampe level 3 dibandingkan brand lain.. otomatis product itu unggul mutlak.. maka makin tinggilah product tersebut dimata customer…!!! Nah jika nanti sudah dikaitkan dengan harga… (nanti ada pembahasan tersendiri), maka product tersebut secara value lebih tinggi dibandingkan dengan product lainnya…!!!
Nah suatu product juga ada product life cycle…
dimana ada product yang dikembangkan, selanjutnya product diperkenalkan ke konsumen, selanjutnya product itu mengalami growth… teruz kearah mature.. (udah mentok) dan akhirnya pelan-pelan decline dan akhirnya digantikan oleh product yang baru…!!! jadi.. nggak mungkin ada brand A… dipertahankan terus sampe tua..mau nggak mau… suatu ketika kudu diubah.. yah apalagi kalau nggak konsumen nggak statis… selalu dinamis..!!!

2).Harga

Harga yang akan dibahas disini saya kaitkan dengan marketing. Sebelum menetapkan harga pada suatu product, misalnya produk bapak pengen banderol sebesar x rupiah, kita harus tau dulu price objective kita apa…??? Misalnya kalau mau cari keuntungan jangka pendek… yah kita bisa banderol harga produk tinggi pas permintaan banyak… kaya penjual daging menjelang lebaran…!!! Tapi kalau pricing objectivenya ‘increase market share’ (mencari pangsa pasar) yah kita harus netapin harga dimana pada harga tersebut udah biasa/ngtren terhadap product tersebut bakalan meningkat dengan kalap…misalnya tahu dijual 500 rupiah,,klo dijual 1000 dengan kualitas dan besar yang sama kayaknya gakan laku deh!!! Atau price objective nya ‘match competitor price’/ nyamain pesaing… kalo harga kompetitor turun… product yang kita bikin kudu bisa turun juga harganya..Dan masih banyak lagi pricing objective lainnya… tapi apapun pricing objective yang kita pilih, kita kudu mempertimbangkan hal berikut :

1.Overall objective, baik itu financing, marketing, atau strategic objective…!!
2.Objective dari product itu sendiri
3.Price elasticity, jangan sampai pas sudah diturunin harga.. ternyata nggak meningkat permintaan karena inelastic/ beku/gak pengaruhhhh...
4.resource yang dimiliki, jangan sampai pas booming karena diberikan discount tinggi.. stock nggak ada… kecewaaa deeeh pembeli…!!!
Nah berikut adalah strategi menetapkan harga atau pricing strategi matrix…
Pricing Strategy Matrix merupakan quadrant yang menggambarkan hubungan antara kualitas product dan harga . Terdapat 4 quadrant sebagaimana dapat dilihat pada matrix berikut yaitu :

http://photoserver.ws/images/XqrS4eeb06937c6b7.jpg
1.Premium Pricing, yaitu suatu product yang mempunyai kualitas tinggi dicharge pricenya juga tinggi…!!! Apa ada product mobil yang begini… yah ada aja… terutama mobil yang custom… yang limited edition kaya mobil punya Melinda D yang lagi rame kemaren di berita yaitu mobil ferari yang mewah itu lo pak.. ini biasanya mempunyai segmentasi sendiri…. !!!
Seperti teman saya yang beli ikan hias sampe bisa berjuta juta padahal menurut saya yg gak mengerti tentang ikan hias itu harga yang luar biasa untuk seekor ikan KOI (mirip ikan mas) .. Beberapa product barang… bahkan kalau nggak ngerti bisa pusing tujuh keliling… untuk memahaminya.. kenapa harganya kok tinggi sekali… seperti lukisan dari pelukis ternama, barang antik, batu nyeleneh/jimat, pedang / keris …etc bisa harga ratusan juta, milyaran… bagi konsumen awam.. pasti nggak faham kok bisa segitu mahal… tapi bagi konsumen yang paham.. yah harga segitu wajar… jadi sangat subjectiv masalah kualitas tersebut…!!!

2.Penetration Pricing, yaitu suatu product yang mempunyai kualitas tinggi diberi harga yang rendah. Hal ini bertujuan untuk penetrasi pasar, dalam artian konsumen yang sebelumnya setia dengan suatu product yang katakanlah biasa-biasa saja mutunya, namun dibanderol dengan harga tinggi… akan berpikir kembali dan mempertimbangkan product lain yang baru masuk… yang mempunyai kualitas cukup baik namun dengan harga yang lebih murah…!!! Konon zaman dahulu kala, product jepang yang lumayan kualitasnya …dijual dengan sangat murah… dan ini bertujuan untuk menghancurkan product dari negara barat..!!! Hal ini bertujuan.. setelah hancur product barat tersebut… pasar dikuasai…

3.Skimming Pricing, yaitu suatu product yang mempunyai kualitas rendah dijual dengan harga tinggi…!!! Loh kenapa bisa ?? Yah ini bisa terjadi.. karena kurangnya kompetitor… jadi konsumen didikte oleh produsen… dan konsumen tidak berdaya…!!! Penyebab lain.. konsumen nggak mengerti betul akan product tersebut… spec teknisnya gak terlalu mengerti… jadi dibanderol lebih tinggi .. Diberbagai sumber juga disebutkan, bahwa hal ini nggak akan berlangsung lama (not sustainable).. karena akan muncul pemain-pemain baru… yang melihat celah ini.. dengan menjual product yang lebih murah dengan kualitas yang sama…!!! Dan mulailah harga yang tinggi tersebut terkoreksi… yaitu mau tidak mau ikut turun.. kalau nggak pangsa pasarnya …akan tergerogoti..!!!

4.Economy Pricing, nah ini banyak terjadi yaitu product yang dijual memang mutunya rendah… dan harganya pun rendah…!!! Biasanya jurus ini digunakan untuk menjual kepada konsumen dengan segmentasi tertentu…!!! Misalnya konsumen yang sangat berpenghasilan rendah atau sifat barang tersebut tidak terlalu fundamental….sabun yg bentuknya candybar mungkin kan yg cair mahal  ,dll..

3).Tempat atau Distribusi
Tempat, atau dikenal pula sebagai channel atau beberapa menyebutnya channel distribution atau intermediary… yang intinya adalah suatu mekanisme dimana end product dipindahkan dari pabrikan ke commercial user ataupun end user…!!! Dan peranannya sangat lah penting…. tanpa channel distribution yang kuat susahlah…. penjualan product tersebut sukses di lapangan..!!! Terdapat berbagai bentuk channel distribution :

1.Wholesale (Grosir atau Pedagang besar etc.), salah satu channel distributor ini berfungsi sebagai pembeli partai besar dari pabrikan…!!! Setelah itu menyalurkannya kepada retailer untuk dijual kepada end user.Untuk beberapa product keberadaannya cukup membantu pabrikan, misalnya pabrikan nggak perlu menyediakan gudang banyak-banyak, pencetakan brochure dilakukan oleh grosir sehingga menghemat cost pabrikan

2.Retailer, nah yang satu ini memang fungsinya menjual product eceran kepada konsumen. Beberapa retailer ada juga yang menjual product lain.. kayak supermarket,,warung pokoknya pedangang eceran…

3.Agent, Sering kali ini disebut juga calo atau makelar dsb…!!! Fungsinya sih sebagai jembatan juga antara konsumen dan produser, namun si agent ini akan menghubungi ntah retailer atau grosir dan menjual productnya dan mendapat komisi atas jasanya tersebut. Ada juga agent untuk penjualan luar negeri.. yang ini biasanya hubungannya dengan produsen langsung… !!!

4.Internet, dulunya gak kepikiran channel distributor dengan hal ini..!!! Tapi sekarang sudah hampir lumrah menjual product dengan bantuan internet…!!! Misalnya saja, saya butuh tas/sepatu.. tinggal ngakses website nya kaya tokobagus,KASKUS FJB pastinya dll .. click sana click sini.. pesan.. transfer uang isi alamat pengiriman. dan barang nggak berapa lama ada…!!! Jadi saya nggak perlu contact ke retailer di Indonesia.. dsb…!!!

5.Chanel distribution lainnya seperti, Multi-Level Marketing, door-to-door…
Persoalannya adalah bukan banyaknya channel distribution …atau seberapa besar distribution suatu product..!!! Yang terpenting seberapa efisien channel distribution… Jika terlalu banyak / panjang channel distribution pasti akan menyebabkan product yg dijual akan mahal… lha iyalah.. emang channel distribution tidak mengambil margin…!!! Belum lagi jika ada… pelayanannya yang kurang ramah… produser nggak tahu… tapi si konsumen udah sumpah serapah nggak bakalan balik lagi.. atau beli product tersebut…!!! jadi yang rugi adalah produsen juga… !!

sebenernya yang penting adalah gimana bikin channel distribution yang pas.. dalam artian kalau memang bisa diperpendek, kenapa nggak…??? Mungkin aja suatu waktu misalnya saya pengen beli baju… tinggal click-sana click sini… langsung barang dikirim...saya senang dengan pernyataan teman saya ‘kalau duit masuk jangan dipersulit… kalau duit keluar nah dipersulit boleh deh…!!!’ … jadi terserah bapak… apa customer mau dipersulit atau dipergampang.. di bikin setengah sulit atau setengah gampang… hahahaha!!

4). Promosi
Nah ini P’s yang terakhir yaitu Promotion. Nah, bicara tentang promotion itu kudu mengenal dulu yang namanya marketing communication process…!!! Namanya juga communication process ini cukup penting.. bicara tentang communication process, dimulai dariSender (misalnya ATPM) akan membuat iklan yang specific tentang motor baru ..oke..!!! Disini ada process encoding … yah iklannya tadi setelah dibuat… ntah model jembatan roboh.. ayam terbang-terbang…!!! Dan mediayang dipilih adalah TV. Nah sewaktu TV tersebut menanyangkan maka ada process decoding… yaitu iklan yang disiarkan tadi diubah sama TV menjadi tayangan bergerak… dan akhirnya diterima oleh Receiver dalam hal ini calon pembeli/konsumen. Nah konsumen ini akan memberikan response, misalnya akan menghubungi dealer, nanya-nanya di blog ini etc. Selanjutnya ada feedback… kalau dia tertarik yah dia akan beli… kalau nggak yah tentu nggak jadi beli…!!! Nah selama process tersebut pasti ada noise… ntah ada iklan lain.. yang membuat konsumen nggak jadi milih product tersebut…!!!
Berbagai cara orang melakukan promosi, dan promosi itu caranya nggak satu…!!! Nah kalau di marketing ada marketing mix, maka di promotion… juga ada promotion mix yaitu kombinasi cara-cara yang ditempuh dalam mempromosikan product nya, yaitu :






1.Personal Selling, nah ini bisa melalui seorang sales entah itu sales promotion girl, ntah itu seseorang bilang “belilah ini…belilah itu…” yang berusaha menyakinkan pembeli untuk membeli product tersebut…!!! Personal selling ada yang dibayar untuk itu, ada juga yang gratis… misalnya seseorang menyarankan temennya untuk membeli product tersebut.

2.Sales Promotion, ini juga merupakan cara… misalnya buy one get one…!!! Diskon segini buat beli barang sekian kodi… atau jam segini beli discount 25% untuk pengguna card itu… dan masih banyak penggabungan / discount sebagai sarana promosi suatu product.

3.Public Relation (PR), ini juga banyak dilakukan baik menggunakan seseorang sebagai public figur, misalnya Anang dan ashanti dipakai sebagai public figur merk HP tertentu misalnya…!!! Public Relation juga bisa ditaroh misalnya di web/Internet yang menerangkan mengenai technologi, spec,kelebihan suatu product.. sehingga orang tertarik untuk membelinya.

4.Direct Mail/Phone, nah strategy ini dilakukan kepada spesifik customer yang diperkirakan mau untuk membelinya. Paling banyak dipakai misalnya untuk memasarkan product kartu kredit…!!! Suka ada telepon tiba”… untuk ngajakin bikin/ngambil kartu kredit…!!! Ataupun melalui surat/e-mail juga banyak promosi mengenai suatu product.

5.Trade Fairs and Exhibition, yah ini udah nggak perlu saya ceritakan deh.. udah banyak… contoh nya..yang intinya pameran ..produk kebanggaan indonesia.. sekaligus juga bisa digunakan sebagai ajang promosi.

6.Sponsorship, yaitu suatu organisasi ikut serta dalam suatu event karena mengharapkan imagenya ikut terangkat. cara ini misalnya dilakukan oleh Fiat untuk ikut serta sebagai sponsor Valentino Rossi dalam motoGP…!!!
Nah cara-cara promosi diatas banyak… tapi yang paling efektif adalah… dengan cara yang dipilih .. penjualan meningkat.. dengan cost promosi yang minimal… itu baru top banget…!!! Yang salah tuh… jika promosi yang mahal udah dipilih… penjualan nggak kedongkrak… sama juga rugi bandar…!!! Jadi yang jelas kita nggak bisa membohongi customer… soalnya customer makin lama makin pinter kok…!!! So.. kuncinya adalah kejujuran… kalau product bagus bilang bagus… product jelek kasih kritik supaya jadi bagus…. Benar nggak… ???
Oke gan..
setelah mengetahui sekilas (yah lumayan laah) mengenai Marketing Mix yang 4P’s itu… gimana sih mau diimplementasikan.. ??? sudah ketahui berdasarkan survey bahwa mayoritas responden, misalnya menginginkan produk televisi dengan ketajaman layar yang tinggi,trus remotenya gak pake batre misalnya.. dan lain2 tentu harus berdasarkan responden masing masing produk..Terus gimana selanjutnya nerapin Marketing Mix itu, dengan komponen Product, harga, distribusi dan Promosi…!!! Mari kita coba bahas sedikit disini gan ..

Product
Karena udah ketahuan bahwa market senengnya begitu, maka product tersebut didesign sedapat mungkin memenuhi ekspektasi konsumen. At least majoritas keinginan / mindset konsumen terpenuhi…!!! Product yang mau didesign dan diluncurkan sebaiknya cepetan… karena mumpung belum ada pemain disini…!!! Namun yang perlu diingat bahwa product ini..harus menjangkau sampai 3 level yaitu sampai augmented product … jadi product kita tidak hanya mutunya bagus saja, specnya oke tapi juga mencakup pelayanan penjualannya juga top,, deliverynya cepet.. Kalau gini khan product kita.. ratingnya meningkat… kalau ibarat cewek cantik,baik,ramah, udah gitu kaya,gak matre dan tidak sombong..nah, gmn coba …

Harga

Pabrik harus efisien untuk nekan cost production….!!! Perlu ada nya target costing… yaitu jika kita mau set harga penjualan sekian rupiah… maka margin tipis sekian… maka cost mau nggak mau kudu bisa segini… !!! Jangan.. karena udah ada target begitu… terus kualitas diturunin… !!! Bisa aja kan karena emang efisiensi… ntah overhead cost kita kurangin…Intinya pada point ini adalah… setelah kualitasnya bagus… harganya terjangkau… !!!

Place/ distribusi
Nah .. place itu khan gimana bikin channel distribution yang oke…!!! Hal ini tinggal kita cari datanya dari Produk A yang banyak terjual.. di kota apa aja… !!! Karena kalau setup kios/ gudang dll terlalu banyak menghabiskan cost…!!! Mungkin kota-kota besar aja bisa dibuat atau dipasarkan productnya…!!! Jangan terlampau banyak rantai distribusi… karena nggak bakalan nggak efisien.. malah ngerogoti cost aja.. ntar bakalan nggak kompetitif dengan harga pesaing…!!

Promotion
Sebenarnya ini pelengkap…!!! Karena jika productnya udah keren banget, harganya juga nggak matre, channel distribusinya oke punya… nggak udah dipromosiin juga udah langsung melejit… Tapi untuk sebagai promosi.. agar tak kenal maka tak sayang, yah bisa dilakukan promosi…!!! Tapi jangan sampai membebani.. . cost…!!!
Bisa dipilih blog sebagai sarana promosi… FJB yang murah meriah gratis malahan … sebagai pelengkap bisa pakai iklan TV.. biar menjangkau konsumen yang nggak melek internet…!!! Apa perlu model tertentu… bisa aja… atau bisa pakai model amatiran …tapi menohok kompetitor…!!! Maksudnya apa nih…??? Ya mungkin nte pnya sanak saudara yang mau jadi model iklan produk tertentu tentunya harus relevan..klo pasta gigi cari yang giginya putih dan bagus..hehhhe…Yang intinya.. konsumen biar melek.. bahwa disini terdapat sesuatu yang baru!

jadi… persaingan memang keras… yah ini bisnis gan…!!! tapi yang penting kan… caranya sehat… tidak ngelanggar hukum yang berlaku… bukan kah begitu gan ???

sumber : www.kaskus.us/showthread.php?p=582396169

0 comments:

Post a Comment